Tips Mencegah Penyakit Asma Dari SehatQ.com



Cleanify - Seperti kita ketahui, gejala asma bisa muncul kapan saja dan dimana saja tanpa kita duga. Maka dari itu, jika ada kerabat, saudara, keluarga, atau rekan kerja yang memiliki riwayat penyakit asma sebaiknya diberikan perhatian khusus agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Karena sampai saat ini Asma tergolong kedalam jenis penyakit yang belum bisa disembuhkan total, maka sangat penting untuk mencegah timbulnya gejala penyakit asma agar tidak kambuh.

Nah, kira-kira apa sih penyebab penyakit asma yang paling utama? dan bagaimana cara mencegahnya agar tidak mudah menyerang penderita? Berikut ulasan selengkapnya.

Cara Mencegah Penyakit Asma Kambuh


1.Hindari Pemicu Asma


Menghindari aktivitas, kondisi, dan bahan-bahan tetentu yang bisa menyebabkan gejala penyakit asma merupakan hal wajib yang harus dilakukan. Namun, sayangnya para penderita asma yang masih pemula tidak terlalu familiar dengan hal ini.

Ada banyak sekali faktor yang bisa menyaji penyebab Asma, beberapa yang paling umum dan sering ditemui seperti: debu berlebihan, bulu binatang, riwayat penyakit tertentu seperti GERD, parfum menyengat, asap rokok, aktivitas fisik seperti olahraga, stres dan cemas berlebihan, hingga tertawa lepas atau emosi yang tidak terkontrol.

2.Gunakan Pelembab Udara


Sebagai informasi, kondisi udara yang lembab merupakan salah satu cara mencegah penyakit asma yang cukup efektif. Maka dari itu, Anda bisa memasang alat pelembab udara di kamar atau ruang kerja agar kondisi udara tidak terlalu kering akibat terpaan Air Conditioner.

Kendati demikian, Anda juga harus ingat untuk selalu membersihkan alat pelembab udara secara rutin. Pasalnya, bila pelembab udara atau himidifier dalam kondisi dibiarkan kotor justru akan jadi sarang jamur dan kuman yang bisa memicu infeksi pada saluran pernafasan.

3.Tetap Berolahraga Tapi Jangan Berlebihan


Aktivitas berat seperti olahraga memang bisa memicu penyakit asma untuk kambuh. Namun, hal ini bukan berarti Anda harus berhenti total untuk menjalankan aktivitas olahraga. Upayakan untuk tetap berolahraga secara rutin untuk menjaga ritme tubuh dengan cara lari-lari kecil, berenang, yoga, atau jalan kaki di lingkungan tempat tinggal.

Jika dilakukan dengan porsi yang tepat, olahraga juga bisa mencegah penyakit asma karena membantu mengatur pernafasan agar lebih seimbang.

4.Pakai Masker Mulut


Tidak bisa dipungkiri lagi, kualitas udara di beberapa kota besar Indonesia memang kian memburuk. Banyak polusi udara dari kendaraan, sampah, serta asap pabrik yang belum dikelola secara maksimal.

Hal ini tentu bisa menjadi malapetaka bagi penderita penyakit asma, apalagi yang sehari-hari harus bekerja diluar ruangan.

Tips dari kami, gunakanlah masker mulut untuk mencegah polusi udara maupun debu terserap kedalam sistem pernapasan. Sebelum era pandemi virus corona COVID-19 penggunaan masker juga sudah umum terjadi ketika naik angkutan umum, naik motor, atau saat berwisata di tempat terbuka.

Pastikan untuk selalu menjaga diri sendiri karena kita tidak tahu kapan terjadinya polusi udara yang bisa menimbulkan gangguan pernapasan seperti asma.

5.Rutin Membersihkan Tempat Tidur


Rumah terutama tempat tidur adalah tempat paling rawan bersarangnya kotoran yang bisa memicu gejalan asma. Selama ini Anda mungkin tidak sadar karena ukuran bakteri sangat kecil dan tidak kasat mata. Jadi, sebaiknya selalu bersihkan kamar menggunakan vakum cleaner dengan filter HEPA agar polutan dari luar hilang secara sempurna.

Itulah tips cara mencegah penyakit asma yang bisa Anda lakukan. Selain asma, cara di atas juga bisa membantu untuk mencegah berbagai penyakit lain yang bisa Anda baca pada halaman Direktori Penyakit SehatQ.com. Semoga bermanfaat ya.

Kamu suka artikel seperti ini? Jika suka silakan klik bagikan pada artikel ini 


EmoticonEmoticon